-->

5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan

Hal paling penting sebelum anda menggunakan Microsoft office adalah mengatur atau melakukan preference / pengaturan sesuai kebutuhan harian anda. Banyak hal yang bisa anda lakukan. Pembahasan yang akan kita lakukan sebenarnya sangat simple yaitu dengan pengaturan dasar yang akan kita lakukan satu persatu nantinya

Sebenarnya banyak settingan yang sangat mempermudah untuk pekerjaan anda, tetapi ada beberapa yang menurut saya sangat penting, sehingga perlu dilakukan pertama kali kamu membuka office. Hal ini agar pekerjaan semakin cepat dilakukan. Karena dengan melakukan settingan ini maka pekerjaan akan semakin cepat untuk dilakukan. Dan hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Karena anda sudah melakukan banyak persiapan sebelum bertanding atau bekerja.

5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan

Berikut ini adalah pengaturan yang kita buat untuk mempermudah pekerjaan kita.

1. Tentukan halaman standar kita terlebih dahulu.

Halaman standar pembuatan sebuah tulisan adalah kertas yang sering kita pakai sebelum dicetak. Menentukan halaman standar sebagai pokok pertama yang dilakukan akan mempermudah pekerjaan kita tanpa harus mengubah atau mengatur ulang halaman setiap akan mengeprint tugas atau artikel yang sudah kita buat.
5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan


2. Tentukan Margin standar halaman

Menentukan margin standar sangat penting, karena margin standar ini juga mempengaruhi kualitas saat kita akan melakukan percetakan dari tulisan yang sudah kita buat. Margin adalah jarak tepi yang akan kita tentukan pada saat akan melakukan cetak artikel.
Untuk artikel tertentu bahkan sudah ditentukan batas margin yang resmi dan baku misalnya karya tulis ilmiah. Jika margin yang dibuat tidak sesuai maka menyalahi aturan pembuatan karya tulis ilmiah yang berakibat pada tidak diterima karya tulis itu oleh dosen pembimbing. Untuk pengaturan margin bisa kamu lakukan melalui MENU>PAGE LAYOUT> MARGIN> CUSTOM MARGIN (PALING BAWAH) maka akan dihadapkan pada tampilan pada gambar di atas.
 


3. Mengatur Layout Halaman kerja kita

Layout halaman mempermudah pekerjaan kita, misalkan pada menu office kita, bisa kamu tentukan kalau menu ini akan dihiden (disembunyikan) atau ditampakkan. Atau bahkan memilih auto hide dan sebagainya sesuai dengan keinginan dan kemudahan yang biasa kamu pilih.
Pengaturan penampakan juga perlu dipertimbangkan, misalkan kamu pilih web layout atau akan menampakkan print layout disesuaikan dengan kebutuhan saat kamu mengeditnya. Kalau saya sendiri karena akan saya publikasikan pada website tentu saya akan memilih menu WEB LAYOUT.

  5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan

4. Mengatur References

Pada menu references kita akan disubuguhkan berbagai hal yang sangat berguna untuk penulisan. Tetapi sayang masih banyak yang belum tahu kegunaan dari references ini. Salah satu fungsi penting dari references adalah pembuatan daftar isi otomatis. Juga pembuatan daftar pustaka otomatis, yang pastinya akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya. Kita akan pelajari step by step agar banyak hal yang bisa kita isi.
5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan

5. Mengatur pengaturan lanjutan atau advanced

Untuk mengatur pengaturan lanjutan hal yang kamu lakukan adalah bisa kamu lakukan dengan masuk menu FILE> OPTIONS> ADVANCED. Disana kamu bisa mengatur bagaimana kamu mengcopy suatu tekt kemudian ketika melakukan Paste utama yang akan kamu pilih. Walaupun ini pengaturan sederhana tetapi sebenarnya sangat bermanfaat jika kamu menggunakannya secara maksimal.
5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan 
Walaupun pengaturan Centimeters ini terlihat biasa saja tapi banyak orang yang terlupa sehingga tetap pada pengaturan office yaitu inches atau inci sedangkan orang di Indonesia lebih terbiasa menggunakan cm dan sebagainya. Tentu hal ini bisa mempermudah pekerjaan anda saat akan menentukan sesuatu. Karena saat kamu memakai inches (inci) maka tidak akan bisa terbayangkan secara langsung, berbeda dengan skala yang sudah biasa kamu gunakan misalnya cm maka kamu akan langsung dapat memperkirakan jarak yang tepat untuk hal ini.

Apakah manfaat dari pengaturan yang kamu lakukan di atas?

 Manfaat yang paling bisa kamu rasakan dari pengaturan di atas adalah kemudahan ketika kamu mengakses aplikasi pengedit kata atau office ini. Semakin mudah kamu dalam mengakses office tentu akan semakin mempercepat pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Dengan demikian kamu akan lebih bisa merasakan manfaat maksimal dari aplikasi keren ini. Sekian hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah pekerjaan office pada pertama kali kamu membuka office.

0 Response to "5 Settingan Awal Office Word yang mempermudah pekerjaan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel