-->

Perbedaan dan Fungsi Format Penyimpanan Dokumen

Banyak orang yang bertanya Kenapa terjadi perbedaan antara format DOC, RTF dan DOCX lantas apakah fungsinya. Diantara pilihan penyimpanan itu manakah yang paling baik dan paling aman? Banyak sekali pertanyaan pertanyaan yang timbul pada masalah ini jika kamu belum mengetahuinya. Tetapi sebenarnya ini adalah masalah yang simpel kalau kamu sudah membaca artikel ini. 


Karakteristik file doc, rtf dan docx
File dengan format rtf atau dikenal sebagai Rich text format biasanya memiliki bentuk file yang lebih besar daripada file yang sama tetapi disimpan dalam bentuk doc. Tetapi, tidak lebih besar dari file yang disimpan dalam bentuk docx. Hal ini karena file rtf ini bisa dibuka bahkan oleh aplikasi wordpad yang merupakan aplikasi tanpa lisensi yang didapatkan ketika kamu mengaktifkan sistem windows yang kamu pakai.

File dengan format doc adalah bentuk format yang dimiliki oleh microsoft word sebelum tahun 2007. Setelah tahun 2007 formatnya berubah menjadi docx. Format ini ternyata lebih ringan saat dibuka daripada word setelah tahun 2007. 

Selain itu format docx juga memiliki kelemahan saat dibuka pada word yang berbeda versi, maka hurufnya akan berdempetan satu dengan yang lain. Sebagai contoh, kamu membuat file pada word 2007 kemudian kamu buka pada word 2010 misalkan, hal itu biasanya tidak akan mempengaruhi pada formatnya. Tetapi jika dibuka lagi pada word 2007 lagi maka hurufnya akan langsung berdempetan tanpa ada spasi. Hal ini bisa diatasi dengan disimpan dengan bentuk compability mode atau menggunakan format doc maka hal seperti itu tidak akan terjadi.  


Apakah benar file dengan ekstensi RTF lebih aman daripada format doc?

 Belum tentu benar, karena menyimpan file dalam bentuk apapun sebenarnya tidaklah terlalu aman jika sudah berurusan dengan namanya virus. Hanya saja file dengan format rtf biasanya jarang digunakan sehingga akan lebih mudah untuk dikenali sebagai file kita. Sedangkan virus tertentu biasanya menyerang file dengan format tertentu misalkan doc atau docx. Tetapi untuk virus shorcut sendiri bahkan semua file pun di superhidenkan sehingga kesimpulannya adalah tidak benar menyimpan file dengan format rtf lebih aman daripada format yang lain.

Cara mudah melihat ekstensi pada pc mu

Melihat extensi PC untuk mengetahui jenis file yang kamu miliki bisa kamu akses dengan mudah dengan mengetik folder option untuk Windows. Setelah diketik folder option.  Setelah itu kamu bisa klik view kemudian cari settingan "hide extensions for known file tipes".

Perbedaan dan Fungsi Format Penyimpanan Dokumen
  Setelah itu file yang kamu buka akan langsung terlihat ekstensinya. Jadi kamu bisa tahu file yang kamu simpan dengan file apa. Dan kalaupun ada file yang ada file yang dicurigai sebagai virus pun kamu bisa mendeteksinya. Misalkan di word kamu beri nama Latihan satu.doc maka otomatis nama itu yang akan tampak. Tetapi virus akan mengaburkan hal itu menjadi Latihan satu.doc.exe. Extensi exe inilah yang virus dan berbahaya. 

Cara mengubah simpanan default menjadi pihan kamu.
Setelah kamu tahu tentang perbedaan doc, docx dan rtf kamu bisa tentukan simpanan default yang paling pas untukmu. Kalau saya sendiri lebih memilih file dengan format DOC dan RTF karena lebih universal. 
Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Masuk ke file kemudian pilih option 
  2. Masuk ke menu save kemudian pilih "save file in this format"  Silahkan file sesuai dengan yang kamu suka. Kemudian OK.

1 Response to "Perbedaan dan Fungsi Format Penyimpanan Dokumen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel