-->

Rumus If Excel Simpel Tapi sangat Berguna

Fungsi IF sangat membantu menyelesaikan pekerjaan kita. Sebenarnya tidak ada seorang yang tidak tahu fungsi ini. Arti kata IF yaitu jika. Kalau kata digantungkan dengan kata jika maka pasti memiliki kemungkinan benar dan salah. Benar dalam bahasa Inggris dikenal dengan True, salah dikenal dengan False. Itulah prakata yang perlu kamu ketahui tentang fungsi IF yang akan kita bahas nantinya. Postingan ini dibuat ketika melanda virus Covid19 pada tanggal 7 April 2020.

Apa yang harus diketahui sebelum kita belajar fungsi IF?

True (Artinya benar) Benar yang dimaksud adalah kondisi jika yang akan terpenuhi maka menghasilkan benar.
False artinya salah. Yang dimaksud dengan salah adalah jika kondisi yang kita buat kriteria tidak sesuai maka hasilnya salah.
Logika sebagai operasi excel contohnya = artinya sama dengan, > artinya sama dengan , >= artinya lebih besar atau sama dengan , < artinya lebih kecil atau <= artinya lebih kecil atau samadengan.

Contoh Fungsi IF

Sebagai contoh penggunaan fungsi if seperti ini. Jika pada sel asal angka yang kita cari adalah angka 1 maka jika pada kolom sumber itu ternyata berisi angka satu maka nilainya benar.
=IF(Kolom Sumber=1; "Benar"; "Salah")
Tapi jika ternyata pada kolom sumber itu ternyata bukan berisi angka 1 maka hasilnya hasilnya adalah salah.

Contoh penggunaan fungsi IF

Penggunaan fungsi if bisa dipakai untuk berbagai kisah. Misalkan suatu kolom memiliki angka yang akan kita cari tahu, lebih besar atau lebih kecil, atau sama dengan atau berbagai operasional yang sudah kita sebutkan di atas tadi.

Penggunaan fungsi if bisa mencari kata dengan Kriteria tertentu misalkan suatu Sell yang berisi kata "Benar" maka nilainya 1 sedangkan yang berisi kata salah nilainya 0 nol. Kita tinggal buat aja fungsinya seperti ini.
=IF(Kolom Sumber="Benar"; 1; 0)

Apakah kita bisa Menggabungkan rumus IF

Bisa kita bisa menggabungkan rumus if dengan berbagai rumus yang lain. Diantaranya adalah menggabungkan IF dengan IF. Atau menggabungkan IF dengan fungsi lain misalnya Vlookup atau And. Tetapi akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya.
Ngga usah terlalu banyak nanti malah kamu pusing ya ngga.

NB
Di office terbaru seperti sudah tidak ada True dan False lagi jadi lebih simpel. Jadi kalau kamu masih pakai office lama 2010 ke bawah ya kemungkinan masih ada true dan false. Kalau benar masih ada true dan false pakai yang false aja. False artinya kalau tidak sama persis berarti salah. Kalau kamu memakai true maka kalau menurut logikanya benar ya benar. Atau mendekati mirip. 

0 Response to "Rumus If Excel Simpel Tapi sangat Berguna"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel