-->

Menu paling Penting dalam Microsoft excel

Setiap aplikasi memiliki istilah sendiri yang bisa sama atau berbeda dengan aplikasi lain. Begitu juga dengan excell. Dia memiliki istilah penting yang bisa digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan aplikasi besutan microsoft ini.

Mengetahui istilah dalam Microsoft Excel penting karena nantinya bisa dipakai untuk mempercepat pekerjaan ketika membutuhkan perangkat tersebut.
Dalam pembuatan aplikasi excel tentunya seseorang harus mengetahui istilah atau menu yang akan dipakai nantinya. Karena semua tool atau alat bisa berbeda satu sama lain. Dan semua istilah penting ini akan dibahas pada postingan sederhana kali ini.

Pertama bisa melihat pada gambar berikut ini. Gambar ini adalah gambar yang dibuat oleh website yang membahas tentang excel yaitu tentangwebsite.blogspot.com dalam penjelasannya bisa dilihat pada keteranang di bawah ini.
istilah dalam lembar kerja program aplikasi Microsoft excel bisa anda simak dalam pembahas Istilah istilah dalam Microsoft excel
Semua bagian dalam excel memiliki fungsi dan tujuan masing masing. Semuanya sebenarnya bermanfaat, tetapi banyak orang yang belum tahu manfaatnya jadi malah tidak terpakai dengan baik.

Berikut ini adalah keterangan dalam gambar yang bisa anda pelajari

Tool Bar 
Tool Bar berarti adalah bar yang berisi alat alat paling penting dalam Microsoft Excel. Biasanya perintah tertentu yang paling penting yang disematkan dalam toolbar ini misalnya tombol undo dan redo. Tombol Quick Print dan lain sebagainya. Perintah cepat ini bisa kamu kombinasikan sendiri sesuai kebutuhan. Bahkan kamu juga customize toolbar ini untuk menu yang tidak disediakan, tetapi memang kamu hampir tidak pernah terlewatkan memakai fungsi tersebut dalam pekerjaanmu. Jadi bisa dibilang Tool Bar ini dinamakan Quick Access (akses cepat) untuk mempermudah pekerjaan.

Title bar
Title Bar ini adalah judul file yang kita buka. Jadi dengan adanya title bar ini kita akan dipermudah untuk mengetahui nama file yang sedang kita buat. Nah untuk file yang belum ada namanya biasanya akan dinamai secara default oleh excel dengan nama book1 dan seterusnya.
Menu bar 
Menubar menyajikan pilihan berbagai macam fungsi berdasarkan pengelompokan tertentu yang relevan.
Sub menu bar 
adalah anakan dari Menu Bar. Jadi kalau atasnya adalah menu bar, maka isinya bisa disebuat sub menubar.

Formula Untuk pengerjaan dalam excel tidak lepas dari kata formula. Formula ini penting dan sangat mempermudah pengerjaan dalam excel jadi ada beberapa formula default yang disediakan excel misalnya auto sum dan lain sebagainya.

Kolom yaitu sebuah kotak cell dari kiri ke kanan
Baris yaitu sebuah kotak cell dari atas ke bawah
Scrool yaitu untuk kita gunakan sebagai alat navigasi naik turun
Pointer adalah penanda lokasi mana yang aktif. Biasanya ditunjukkan dengan kedip kedip panah mouse. Nah ujung kedip kedip itulah yang dinamakan pointer.

Sheet adalah halaman excel yang kita buka. Kita bisa membuat banyak sheet sesuai kebutuhan. Karena basik dari excel berbeda dengan word jadi kita bisa memisahkan berbagai jenis halaman dalam excel menjadi beberapa sheet yang berbeda. Tidak sama dengan yang ada di word. Kita bisa membuat satu file dengan banyak isi dengan lembar berbeda yang disusun ke bawah. Walaupun dalam excel kita bisa melakukan yang sama, tetapi fungsi yang berbeda antara word sebagai alat untuk menulis berbeda dengan excel yang lebih mudah digunakan untuk menghitung.
Range secara bahasa range adalah jarak. Jadi Range adalah jarak yang diseleksi atau dipilih antara cell satu dengan cell yang lainnya.

Oke sekian dahulu pengenalan tentang istilah yang mungkin bisa dipakai dalama pembuatan dan pemanfaatan aplikasi Microsoft Excel ini. Semoga bisa membantu anda untuk berkreasi membuat sesuatu yang bermanfaat.

0 Response to "Menu paling Penting dalam Microsoft excel"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel